Internalisasi Core Values dan Employeer Branding ASN Di Lingkungan Dinas PUPRKIM Provinsi Bali

Dinas PUPRKIM Provinsi Bali Gencar Menerapkan dan Mensosialisasikan Core Values ASN BerAKHLAK

 Presiden RI Joko Widodo secara resmi meluncurkan core values ASN ‘Berakhlak’ dan employer branding ASN ‘Bangga Melayani Bangsa’ pada tanggal 27 Juli 2021 Adapun core values ASN diimplementasikan dalam kata “Berakhlak” yang merupakan akronim dari ‘berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif’. Kemudian, employer branding yang merupakan moto ASN dalam bekerja menggunakan semboyan “bangga melayani bangsa”.

Panduan Perilaku Core Values ASN BerAKHLAK sebagai berikut:

Berorientasi Pelayanan

  • Memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat.
  • Ramah, cekatan, solutif, dan dapat diandalkan.
  • Melakukan perbaikan tiada henti.

Akuntabel

  • Melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, serta disiplin dan berintegritas tinggi.
  • Menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif dan efisien.
  • Tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan.

Kompeten

  • Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah.
  • Membantu orang lain belajar.
  • Melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik.

Harmonis

  • Menghargai setiap orang apapun latar belakangnya.
  • Suka menolong orang lain.
  • Membangun lingkungan kerja yang kondusif.

Loyal

  • Memegang teguh ideologi Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  • Setia kepada NKRI serta pemerintahan yang sah.
  • Menjaga nama baik sesama ASN, pimpinan, instansi dan negara, serta menjaga rahasia jabatan dan negara.

Adaptif

  • Cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan.
  • Terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas.
  • Bertindak proaktif.

Kolaboratif

  • Memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi.
  • Terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah.
  • Menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama.

Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, dan Kawasan Permukiman Provinsi Bali telah melakukan internalisasi Core Values ASN dan Employer Branding ASN dengan melakukan berbagai hal seperti berikut

Alasan Pentingnya Satu Core Values ASN

Pentingnya Satu Core Values ASN

Melakukan Internalisasi Contoh Perilaku Core Values BerAKHLAK

Melakukan Pemasangan poster/baliho/banner Core Values dan Employer Branding Sebagai Media Kampanye

Poster Core Values ASN Terpasang di Lobby Dinas PUPRKIM Provinsi Bali
Poster Core Values ASN Terpasang di Lobby Dinas PUPRKIM Provinsi Bali

Menggunakan logo BerAKHLAK dan tagar Bangga Melayani Bangsa

Dalam Paparan yang ditampilkan oleh Dinas PUPRKIM Provinsi Bali, logo Asn BerAKHLAK dan Bangga Melayani bangsa telah menjadi satu template khusus terbaru yang dipakai oleh Dinas

Paparan Dinas PUPRKIM Telah Mengandung Logo ASN BerAKHLAK dan Tagar Bangga Melayani Bangsa

Selain itu Dinas PUPRKIM juga telah menggunakan Virtual Background Virtual Meeting yang telah mengandung Core Values ASN BerAKHLAK dan Tagar Bangga Melayani Bangsa berikut contoh dimaksud

Contoh Virtual Background 1
Contoh Virtual Background 2
Contoh Virtual Background 3

Telah Melakukan Survei Pemahaman Budaya

Membuat Berbagai Kreasi Inovatif dan Kreatif Sesuai Dengan Karakteristik Dinas PUPRKIM Provinsi Bali

Dinas PUPRKIM Provinsi Bali telah membuat berbagai desain terkait dengan kampanye Branding ASN dan Core Values ASN dengan menerapkan berbagai contoh seperti berikut

Pembuatan Yel-Yel

Pembuatan Jingle ASN BerAKHLAK

Pembuatan PIN ASN BerAKHLAK

Pin ASN BerAKHLAK dinas PUPRKIM Provinsi Bali

Pembuatan Kuis ASN BerAKHLAK yang dapat diakses di link berikut – https://bit.ly/QUIZASNPU

Quiz Pemahaman Core Values dan ASN Branding
Xbanner ASN BerAKHLAK
Materi Poster ASN BerAKHLAK