Sesuai Peraturan Pemerintah No. 122 Tahun 2015 tentang Sistem Penyediaan Air Minum mengakamodir pengaturan penyelenggaran SPAM. Sistem Penyediaan Air Minum selanjutnya disingkat SPAM adalah satu kesatuan sarana dan prasarana penyedia air minum. SPAM diselenggarakan bertujuan untuk tercapainya penyelenggaran air minum yang efektif dan efisien untuk memperluas cakupan pelayanan air minum.
Dalam konteks menciptakan penyelenggaraan air minum yang efektif dan efisien, harus dilakukan optimalisasi kinerja operasional Sistem Penyediaan Air Minum baik dari sisi teknis maupun non teknis. Untuk melakukan optimalisasi kinerja, membutuhkan parameter yang harus diukur berdasarkan data-data operasional di lapangan.
Kondisi eksisting sebelumnya pengumpulan data-data pada UPTD. Pengelolaan Air Minum masih menggunakan perolehan secara manual, yaitu melaui cetakan kertas dari masing-masing seksi/sub bagian/unit kerja, penilaian kinerja oleh pelanggan juga masih dilakukan secara manual menggunakan cetakan kertas, yang tentunya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk perolehan data nya, begitu juga pengumpulan data kerusakan masih dilakukan secara manual lewat pelaporan berbasis kertas pelaporan yang saat ini tentunya tidak efektif dan efisien. Adapun data-data yang dibutuhkan untuk mengukur kinerja operasional Sistem Penyediaan Air Minum, antara lain : Debit Produksi , Debit Distribusi, Biaya Produksi, Besar Pendapatan, menghasilkan data-data kinerja seperti Idle Capacity, Non Revenue Water (Kehilangan Air), Biaya Produksi per meter kubik, Efesiensi Operasional SPAM dengan membandingkan Pendapatan dan Biaya Produksi, Selain kinerja operasional Sistem Penyediaan Air Minum juga mengumpulkan data penilaian kinerja oleh pelanggan air curah dari Sistem penyediaan Air Minum Yang dikelola oleh UPTD. Pengelolaan Air Minum dan juga mengumpulkan data kerusakan sarana dan prasarana Sistem Penyediaan Air Minum.
Untuk memperoleh data-data tersebut diperlukan metode pengumpulan data yang lebih terstruktur, terpola, terdatabase dengan baik, dan mudah dalam perolehan. Melihat kondisi eksisting dimana ketersediaan data yang masih tersebar pada masing-masing seksi/sub bagian/unit kerja dan perolehannya secara manual, maka dirancang inovasi berupa Sistem Manajemen Data Penunjang Evaluasi Kinerja Operasional SPAM (SIMATA EVA) yang memanfaatkan Google Drive beserta fitur-fitur nya. Metode ini dipandang sederhana, mudah, cepat dan tentunya low cost. Perbaikan dalam sistem manajemen data ini diharapkan menunjang percepatan peningkatan kinerja operasional SPAM,yang tujuan utamanya memberikan pelayanan air minum yang optimal kepada pelanggan.

 
				
					
